Thursday, October 09, 2008

Wikipedia dalam Parodi


Aku masih disini, menikmati suasana jogja sehabis hujan yang jauh berbeda sekali dari situasi perekonomian Amerika dan dunia yang saling berimplikasi kecarut-marutannya. Tapi lupakanlah itu sejenak, biarlah untuk sementara blog-blog, tv-tv, koran-koran, bencong-bencong kurang kerjaan yang membahasnya. Mari tengok sesuatu yang bikin segar pikiran. Wikipedia? Kusarankan jangan dulu deh. Sudah banyak korban pingsan disana gara-gara memori otak yang terlalu penuh berisi ilmu-ilmu berguna dari para praktisi (seperti Roy Suryo misalnya? weleh). Baru-baru ini iseng baca artikel dari blog orang, jadi terinsipirasi untuk nulis artikel serupa. Kadang-kadang plagiat (bahasa halusnya: terinspirasi) itu indah kok. Pembenaran juga indah, apalagi dilakukan oleh orang pinter kayak saya (hueek!)

Segala kekonyolan, kegeblekan, kengawuran dan kepunjulan memang selalu nyaman untuk disimak. Ada serial Scary Movie yang heboh memparodikan film-film dan sukses besar sebelum produsernya take it for granted. Ada juga fenomena Project Pop yang suskes memparodikan musisi lewat lagu teranyarnya "Bukan Superstar". Balik lagi ke Wikipedia, aku yang memang sok-pinter ini girang betul nemuin parodinya di Uncyclopedia.org. Informasi ini tentunya bagaikan oase bagi diriku yang tersesat di padang gersang keseriusan ini. Wikipedia telah lama menjadi teman setiaku dan mendidikku untuk menjadi akademisi terpelajar. Dan mungkin melalui Uncyclopedia ini aku akan terdidik menjadi blogger terkurangajar.


Uncyclopedia menyediakan berbagai artikel plesetan yang nggak penting dari Wikipedia. Bahasa yang sangat lucu, kasar, kurang ajar, dan nggak relevan menjadi landasan ideologi portal ini. Sangat tidak dianjurkan bagi tukang serius, tukang tersinggung, akademisi, dan praktisi untuk mencari sumber dari portal ini. Tapi tentunya Uncyclopedia akan sangat berharga bagi para tukang nyablak, blogger iseng kurang kerjaan dan pornomatika. Dari situ bisa dilihat Uncyclopedia adalah portal penting-penting nggak penting. Ya, terserah kisana saja lah gimana enaknya. Untuk pertimbangan tilik aja artikel ini

Tulisan maupun artikel di Uncyclopedia ini penuh dengan SARA namun kadang-kadang ada benarnya juga. Bila belum siap mental untuk bisa berpikiran terbuka dan liberal disarankan untuk segera menutup portal ini rapat-rapat. Tapi bila siap menjadi reflektif dan haus akan humor, segeralah kunjungi dan nikmati klimaksnya. Humor yang ditulis dalam artikel merupakan pengembangan dari apa yang sesungguhnya terjadi dan ditutup-tutupi. Jadi akan banyak ditemukan sindiran-sindiran satir yang menarik namun menusuk.

Sudah cukup omong kosongku tentang Uncyclopedia. i'm not in the mood of wiriting by the way. Jadi keputusan ditangan kisana, segera kunjungi atau segera tutup artikel ini. Ada juga versi bahasa Indonesianya disini.

MENERTAWAKAN DIRI SENDIRI ITU KADANG INDAH DAN MENYEJUKKAN

Sumber gambar dari sini dan dari sini

PS: Tumben nieh, upload gambar susah banget, bete.. bete
Update:
Coba deh tilik artikel nggak meaning ini

2 comments:

  1. Hehe...udah lihat websitenya, lucu banget! rada kentir..tp menghibur. Saya malah jd salut; hebat juga ada org yg meluangkan waktu buat membikin tulisan macam begitu :)

    ReplyDelete
  2. iya saya jugta kagum ama yang nulis artikel baik di Uncyclopedia ato Tolololpedia... kentir abis

    ReplyDelete