Monday, October 27, 2008

Nongkrong di Toga Mas Jogja


Sebelum pamitan untuk balik ke rumah aku memang berniat untuk posting paling tidak satu judul buat hari ini. Happy hour yang dimulai jam 12 malam memang menyulitkan dan memaksa untuk tetap berkeliaran di tengah malam. Tapi malam kadang memberikan banyak inspirasi dan perenungan yang nggak bisa dijumpai di waktu lain. Untuk masalah inspirasi, aku rasa Toga Mas adalah tempat yang banyak menyediakan inspirasi bagiku.

Terletak di sebelah tenggara perempatan Ring Road Utara Condongcatur, Toga Mas memang telah lama menjadi tempat nognkrong favorit aku. Sebelumnya Toga Mas yang merupakan toko buku murah ini berlokasi tidak begitu jauh dari lokasi barunya sekarang, yaitu lokasi yang sekarang dipakai oleh Contempo Interior Designer. Lokasi baru Toga Mas rasanya lebih menyediakan pengalaman berada di toko buku dengan nuansa berbeda. Bangunan yang didominasi oleh kayu dan terkesan tidak permanen ini memberikan kesan Toga Mas sebagai toko buku merakyat dan down to earth. Di tingkat atas dipakai sebagai Djendelo Cafe, yang bernuansa oldies. Bangunan ini sedikit bocor di musim hujan seperti sekarang, tentunya perlu perbaikan untuk lebih memberikan kenyamanan.

Koleksi buku Toga Mas sendiri cukup lengkap dan bervariasi. Mulai dari novel, majalah, buku materi, komik dan lain-lain. Sayang sekali penataannya kurang begitu rapi sehingga agak kesulitan ketika mencari judul buku. Meskipun telah disediakan komputer untuk menunjukkan letak buku yang dicari, hasil komputer sering kali tidak akurat. Meskipun begitu, Toga Mas menyediakan diskon yang lumayan (sekitar 10%) untuk setiap buku yang dijualnya. Motto mereka adalah tidak ada buku yang tak berdiskon, karena mereka memang toko buku diskon. Selain itu ada fasilitas penyampulan gratis yang memberikan banyak nilai tambah. Bila terburu-buru sampul bisa dibawa pulang atau disampul lain hari dengan menunjukkan nota pembelian.


Toga Mas juga sering menyelenggarakan talk show, bedah buku, dan pameran lukisan yang diadakan di Djendelo Cafe lantai atas. Seringkali jika beruntung dapat bertemu dengan pengarang terkenal atau seniman lainnya. Toga Mas tampaknya memang begitu aktif untuk menyelenggarakan kegiatan bermanfaat ini untuk memberikan nilai tambah bagi para pengunjungnya. Sudah berkali-kali aku mengikuti acara-acara yang diselenggarakan Toga Mas, dan semuanya gratis. Bahkan aku pernah mendapatkan novel gratis yang ditandatangani oleh pengarangnya. Sunggu luar biasa bukan.

Untuk semakin memberikan nilai tambah bagi pengunjungnya, Toga Mas menyediakan buku tidak bersegel untuk dibaca. Beberapa buku memang tidak disegel sehingga jika ingin dibaca tanpa membeli tinggal dicomot saja. Tapi tentunya sebaiknya membeli, agar tidak merugikan Toga Mas. Beberapa buku dan majalah tidak bersegel ini seringkali lusuh dan rusak karena sering dibaca. Kadang miris juga sih melihatnya, karena tentunya mereka merugi. Tapi apa daya, motif ekonomi kadang memaksa untuk merugikan orang lain. Namun toh mereka tetap mempersilahkan pelanggannya membaca-baca buku tak bersegel.


Yang bikin aku lebih terkesan lagi sewaktu kemarin aku iseng mencari buku tentang wordpress. Petugas Toga Mas dengan setia membantuku mencari buku itu selama hampir 30 menit. Aku sendiri sampai tidak enak melihatnya. Padahal aku hanya iseng, tanpa bermaksud membeli saat itu juga. Semoga mereka memaafkan perbuatanku ini ya. Aku memang kadang nggak kira-kira.

Secara keseluruhan Toga Mas memang sudah klop buat aku. Memang tidak semewah Gramedia atau TGA, tapi ada nilai plus tersendiri buat toko buku ini. Suasana bangunannya yang berventilasi baik, jadi tak terasa gerah walaupun tanpa AC. Meskipun ada pula yang bilang bangunan Toga Mas seperti kandang ayam. Mungkin dengan kritikan itu Toga Mas Jogja perlu lebih berbenah memperbaiki kekurangannya agar semakin dicintai orang Jogja. Menurut kisana sendiri, Toga Mas Jogja seperti apa?

tambahan: Oh iya, di Djendelo Cafe disediakan pula fasilitas Hotspot bagi pengunjungnya. Selain itu di Jogja juga ada Toga Mas Galleria Mall yang sejujurnya belum pernah saya kunjungi, karena memang jarang pergi ke Galleria. hehehe

TOGAMAS YOGYAKARTA
Jl. Affandi 5, Condong Catur, Depok-Sleman
Telp. (0274) 7470446, fax. (0274) 544626
website Toga Mas
Toga Mas Jogja at Gudegnet

Sumber Gambar : website Toga Mas
PS : Perasaan kok di foto Toga Mas jadi kelihatan super keren ya, memang fotografernya hebat.

4 comments:

  1. semoga Toga Mas jadi laris gara2 kunjungamu Lay.
    Amin

    ReplyDelete
  2. toga mas smoga ngasih ucapan terima ksih.

    ReplyDelete
  3. @eshape & anonymous
    yg saya harap semoga toga mas jadi tambah lebih baik sehingga banyak pengunjungnya. saat ini pengunjung toga mas juga udah rame banget kok

    ReplyDelete
  4. weitzzz ... kok gak ketemu ya heheheh
    kapan-kapan nongkrong bareng di Djendelo yuk
    eniwe, thanks review nya

    ^_^

    ReplyDelete