Thursday, October 09, 2008

Indonesia Future Shock


Well, waktu secara nggak sengaja ngunjungi blog Anangku aku nemuin gambar yang breath-taking banget. Gambarnya seperti yang terlihat diatas, kreatif, inovatif, juga ironis. Itu adalah gambar uang seratus ribuan yang dimodifikasi. Sukarno dan Hatta terlihat menutupi wajahnya karena malu. Apa sih yang membuat mereka malu sebenernya? Nggak perlu ditanya, yang jelas keadaan Indonesia saat ini pastinya.
  1. Korupsi yang meraja lela. Menurut Lembaga Transparansi International, Indonesia menduduki peringkat 5 negara terkorup di dunia dan peringkat 2 negara terkorup di Asia. Jika dilihat dari total negara yang ada di dunia ini (253 negara), Indonesia terlihat sangat bobrok dan kehilangan martabat. Haruskah bangga? Tentunya tidak. Korupsi harus diberantas sampai peringkat itu menurun dan Indonesia menjadi negara yang bersih korupsi. Namun itu tentunya tidak mudah. Ketika korupsi sudah menjadi budaya, maka bahkan pelakunya tidak menyadari perbuatannya.
  2. Kualitas pendidikan yang buruk. Berdasarkan kutipan dari Majalah Parlementaria, 'Kewajiban konstitusi pemerintah untuk mengalokasikan anggaran pendidikan sebesar 20% dari APBN dan APBD belumlah dipenuhi hingga saat ini. APBN Tahun Anggaran 2008 telah disahkan pada Rapat Paripurna DPR, 9 Oktober lalu dan menetapkan alokasi anggaran pendidikan hanya 12 persen. " Dengan perhatian dari pemerintah akan pendidikan yang demikian, tentunya wajar saja kalau kualitas pendidikan di Indonesia menjadi buruk. Masih ada 4,18 juta atau 19 persen anak usia sekolah di Indonesia yang putus sekolah. Kondisi itu tentunya sangat memprihatinkan.
  3. Keadaan ekonomi yang mengkhawatirkan. Bahkan menurut Michael Backman melalui bukunya yang berjudul Asia Future Shock, perekonomian Indonesia di masa depan akan menjadi semakin tidak penting dan tidak diperhitungkan. Penyebabnya salah satunya adalah korupsi, menyusutnya sumber daya, dan minimnya SDM yang berkualitas. Melihat kenyataan itu apakah rakyat Indonesia dapat duduk tenang? Perekonomian adalah tulang punggung dari suatu negara. Bila ramalan Michael Backman itu benar-benar terjadi, maka Indonesia dapatlah hanya menjadi sejarah. Rakyat Indonesia akan berada pada kondisi yang memprihatinkan.
  4. Dan banyak masalah pelik lainnya. Akan penuh halaman blog ini kalau menjabarkan permasalahan Indonesia. Tentunya pembaca sendiri sudah bisa menebak-nebak sendiri apa masalah Indonesia yang lainnya.
Rakyat Indonesia sebenarnya telah berada dalam negara yang bergejolak. Sampai kapan akan berdiam diri? Kemerdekaan yang salah satunya diwariskan oleh dua proklamator ini (Sukarno Hatta) diraih dengan susah payah. Apakah adil jika kemerdekaan itu disia-siakan dengan menyumbangkan segala kebobrokan oleh para penduduknya? Perubahan itu dapat dimulai oleh satu rakyat Indonesia yang peduli dan cinta terhadap tanah airnya. Mari jadikan negeri ini lebih baik dan memiliki masa depan cerah. Jangan biarkan para pejuang malu dan sedih melihat keadaan negeri Indonesia tercinta yang sedang terluka.

PS: Sebuah postingan sok-serius yang nggilani...

2 comments:

  1. Wah blognya tambah bagus aja nih 0-), bravo. Memang sih kalau kita baca surat kabar kita selalu baca yang negatif mengenai negeri ini.

    Apalagi dengan ancaman krisis ekonomi yang dimulai di USA yang sudah menjadi krisis ekonomi global, Indonesia juga kena dampaknya sampai2 bursa effek ditutup sementara.

    Saya kira kamu benar bahwa inti dari masalah ini adalah kekurangan rasa nasionalisme dari bangsa Indonesia ini. Bila semua peduli akan nasib bangsa ini saya yakin Indonesia tidak akan separah ini. Negara Indonesia memang sebelum Belanda datang ke Indonesia adalah kerajaan yang terpecah2 jadi memang negara Indonesia itu dahulunya tidaklah eksis. Baru pada setelah perang dunia ke II Soekarno dan Hatta seperti yang kamu bilang berinitiatif untuk mengumumkan kemerdekaan negara Indonesia yang terdiri dari daerah2 jajahan Belanda. Apakah dengan demikian negara kita ini hanya negara yang superfisial? Kalau begitu kita mesti mencontoh negara USA yang terdiri dari berbagai ras tapi bisa jadi negara yang adi daya ya......

    ReplyDelete
  2. Masalah integrasi bangsa aku setuju kalo harus mencontoh USA atau France yang multietnis. Tapi kalo ikut2an krisis ekonominya jangan deh... kita harus punya pondasi ekonomi yang kuat dengan meningkatkan sektor2 ril. Majulah Indonesia!

    ReplyDelete