Thursday, October 23, 2008

Alter Egos


Me, at my home sweet home. I need to go out, somewhere far from home
Me, somewhere far from home. I need to back home, I feel insecure
Me, alone and feel lonely. I need to be around with somebodies who love me
Me, around with somebodies who love me. I need to take a break and be alone
Me, finally I know that I am restless. I have no place to stay

Sepenggal kalimat ini adalah apa yang aku rasain tadi. Lucu juga ya, aku sekarang nggak inget lagi apa maksud kalimat itu. Jadinya sulit mau nulis apa dan menjelaskan apa. Entahlah, kadang ngeri juga kalo menyadari bahwa terkadang aku seperti bukan aku. Penyakit pikunku ini kadang berkembang menjadi ketidaksadaran. I have no place to stay, even in my mind. Gagasan, pikiran, penyataan-pernyataan terkadang hilang seperti kabut. Keinginan, ketakutanku adalah sesuatu yang tidak terdefinisikan. Aku adalah manusia amoeba.

Tapi lupakanlah, hidupku mungkin hanyalah kumpulan dari mozaic-mozaic tak beraturan dan beraneka warna. Sepintas tampak semrawut dan tidak harmonis, namun itu adalah suatu kesatuan. Keberanekaragaman membuat hidup menjadi dinamis dan fleksibel. Mungkin suatu saat aku mampu menerima semuanya. Jika bumi menyediakan susu, maka aku bisa menjadikannya yogurt atau keju. Apapun yang bumi sediakan, aku harus mampu menjadikannya baik. Bumi telah menyediakan segalanya untuk memenuhi segala kebutuhanku. Tapi bumi tidak menyediakan apapun untuk segala kerakusanku.

Dimanapun aku berada, selalu ada cara untuk menjadikannya seperti di rumah. Rumah yang sebenarnya ada dalam pikiranku. Semua yang tersaji secara visual mungkin adalah semu. Nikmatilah segala kebosanan yang ada. Janganlah mempersalahkan keadaan. Terimalah keadaan apapun yang mungkin akan dialami. Tidak akan pernah ada habisnya sesuatu untuk disesali. Pilihan selalu ada di tanganku, untuk menikmatinya atau menjadikannya siksaan.

3 comments:

  1. Human mind has a very complex structure. It can be filled with mysterous dark paths but also with bright and sunny passages. Mysterious as it is, it always fascinates us and makes our life ticks, right?

    To live is always like a spiritual journey following a river of life where we meet various kaleidoscopic colours of nature, so why not just enjoy the ride 0-)

    ReplyDelete
  2. Sy setuju dgn paragraf terakhir!

    Pokoknya, apapun yg terjadi dlm hidup..sy selalu patuh pd filosofi Kungfu Panda "today is a gift, tomorrow is a mystery"

    ReplyDelete
  3. @duco
    I try to enjoy the ride and feel the time of life

    @astrid
    setuju 100% mbak!

    ReplyDelete