Friday, October 31, 2008

Berbagi Tutorial Joomla!


Perkembangan dunia blog dan website telah begitu pesat. Dulu kalo aku mau bikin website aku masih pake program FrontPage atau Dreamweaver yang biarpun instan tapi nggak dinamis. Untuk belajar PHP, ASP, ataupun pemrograman web terstuktur lainnya, rasanya ruang otak udah nggak cukup. Kaget juga baru-baru ini denger ada Content Management System (CMS) yang udah canggih, gratis pula. CMS sendiri bagiku adalah mainan baru yang menyenangkan. Dengan CMS membuat blog dan website seperti menjentikkan jari saja. Pengolahannya dan pengelolaannya sepenuhnya sangat user-friendly dan lengkap. Salah satu CMS yang udah aku pelajari adalah mesin Wordpress yang sangat terkenal sebagai pengelola blog.

Kebetulan aku dapat kesempatan untuk belajar CMS yang lebih canggih lagi. Hal ini bermula waktu dosenku yang tercinta (bohong!) memberi tugas untuk bikin paper sistem web framework. Karena tugas ini sangat urgent untuk dikerjain ya terpaksalah aku coba untuk ngerjainnya. Soalnya kalo nggak bisa-bisa nilaiku anjlok, nih dosen killer banget sih. Buru-burulah aku ke perpus buat cari buku yang cocok. Bermenit-menit mencari akhirnya nemu juga buku yang bahas sistem framework PostNuke. Langsung tanpa basa-basi aku pinjem dan mulai untuk buka-buka. Beberapa waktu setelah puas buka-buka, aku ngerasa kalo baik PostNuke sendiri maupun buku yang ngebahasnya sama sekali nggak user-friendly. Kepalaku sampe berat dibuatnya.


Akhirnya aku lari ke Toga Mas buat cari referensi buku. Ternayata disana baru ada event diskon Joomla!. Semua buku yang ngebahas Joomla! didiskon habis. Harganya dibawah harga pasar man. Ya udah lah, terpaksa aku nodong ibu buat beliin ni buku. Setelah dibaca-baca, ternyata memang sistem framework yang bener-bener canggih. Pantes aja sistem ini jadi buah bibir. Tanpa banyak basa-basi aku mulai untuk nulis paper killer ini. Yap, nggak sampai sejam semua materi udah kekumpul. Aku bersyukur banget dapat koneksi internet gratis, yang akhirnya bisa dimanfaatin buat cari materi tambahan. Setelah beberapa jam paper selesai dan aku tambah pinter.

Kesimpulannya, Joomla! MEMANG CMS YANG PALING OKE baik buat bikin website atau weblog. Antarmuka penggunanya (user interface) bener-bener super friendly. Udah gitu banyak pula plugin yang bisa didownload dengan gratis di portalnya. CMS punya Wordpress lewat deh, Joomla! punya fitur yang super lengkap dan super canggih. Nggak perlu mikirin lisensi apalagi hak cipta. Joomla! adalah milik kita semua dan dapat digunakan, dikembangkan, diutak-atik ato diinstal oleh siapapun. Software kayak ginilah yang harusnya bertebaran dimana-mana. Karena software open-source adalah software baik hati yang bikin siapapun cerdas dibuatnya.


Paper udah selesai, rasanya lega banget. Bayangan nilai anjlok mendadak jadi sirna. Semuanya tampak indah dan menyenangkan. Berkali-kali baca paper hasil karyaku ini rasanya kok bangga ya. Nggak sia-sia berjam-jam dilakuin buat nyusun paper. Walaupun sempet terhambat masalah format, toh semuanya dapat diatasi dengan lancar. Tapi apa gunanya sih kebahagiaan ini disimpen sendiri. Toh ilmu itu bakal bertambah banyak kalo dibagi dengan orang lain. Untuk itulah aku mau berbagi tutorial Joomla! yang aku bikin dalam bentuk paper dengan format pdf. Untuk kamu semua yang tertarik dan pengen tau lebih jauh tentang Joomla! aku rasa sedikit banyak peper ini bisa membantu. Aku memang masih pemula untuk itu aku mohon bimbingannya pada yang udah lebih tau.

Kamu bisa download paperku disini
http://www.4shared.com/document/HrJ5KbOt/makalah_Joomla.html

Senangnya bisa berbagi.... :)

23 comments:

  1. banzaiii my friend...!!!!
    teruslah berjuang dengan tugas2 dosenmu yg berikutnya..!!!

    shitteimasuka???

    ReplyDelete
  2. @monica
    iya thx buat semangatnya ya!!
    saya akan lebih serius ngerjain tugas dosen2 selanjutnya ok
    btw kata terakhir artinya apa ya?

    @antown
    maaf, lain kali saya buat tutorial yg lebih jelas. lagi2 masalah deadline

    ReplyDelete
  3. permisi, numpang unduh papernya ya, makasih

    ReplyDelete
  4. @free-ebook
    silakan lho kalo mau download, dengan senang hati dan hati senang

    ReplyDelete
  5. Makasih banyak ya.....

    ReplyDelete
  6. aku coba install kog error terus to..

    ReplyDelete
  7. makasih pappernya yak...ditunggu yng lain. situ dapet buku di toga mas saya dapet paper situ di kafe toga mas...hahaha...togamas memang hebat

    ReplyDelete
  8. makaci men, gw banyak belajar jg dari lo, met kenal jg men.

    ReplyDelete
  9. thanks ya... makalahnya newbie nich..ignanta17@gmail.com

    ReplyDelete
  10. thanks buat makalahnya ... baru mau belajar joomla neh ... ^_^ ...

    ReplyDelete
  11. cerita u yg diatas, ada kesamaan ma w. w jg sekarang ada tugas dari dosen untuk bwt web pke joomla. dosen na bisa dibilang killer lah (tp w tw dy baik bgt). ni skrng w lg cb utk mengerjakan tugas na. w pemula bgt pke joomla, so w minta u bisa bntuin w y pliiiz.
    lam kenal...

    ReplyDelete
  12. thx berbagi tutorial joomla nya.
    www.jalamuda.co.cc

    ReplyDelete
  13. thanks for tulisannya...salam kenal
    www.adkomunika.blogspot.com

    ReplyDelete
  14. maturnuwun ilmunya...!!!

    ReplyDelete
  15. baca tutorial ttg keamanan situs joomla yok di blog gw

    ReplyDelete
  16. Thanks informasinya. karena Hidup Untuk Berbagi memang menyenangkan :)

    ReplyDelete
  17. Wah Tutorialnya sudah lama sekali yah. gag di update lagi mas ?

    Jika sedang update lagi, main-main ke blog ku juga mas tentang pelajaran blog. Jika bersedia berbagi ilmu bersama saya mengenai joomla.

    ReplyDelete
  18. comment sebelumnya maksudnya bukan pelajaran blog tetapi pelajaran joomla! hehe salah

    ReplyDelete