Saturday, September 20, 2008

Tipografi, Elemen Desain Grafis


Dalam desain grafis, akan selalu saja ada cara untuk menciptakan karya yang kreatif. Salah satu caranya adalah menggunakan tipografi untuk memanipulasi suatu desain agar terlihat lebih menarik. Pada dasarnya tipografi adalah teknik dan seni untuk mengatur huruf, desain huruf dan bentuk huruf. Biasanya tipografi digunakan oleh para desainer grafis untuk menyampaikan suatu pesan tertentu ataupun sebagai elemen grafis untuk mendukung suatu desain.

Sejarah tipografi memang tidak pernah lepas dari sejarah alfabet itu sendiri. Manusia mengenal ilmu tipografi sejak mulai memahami bahasa tulis. Penciptaan alfabet sendiri dimulai oleh bangsa Mesir kuno, lebih dari 1000 tahun sebelum manusia mengenal cara untuk menulis suatu kata. Alfabet murni pertama kali yang merupakan pengembangan dari hierogliph Mesir tercipta pada masa 2000 SM untuk menuliskan bahasa Semit oleh para budak Mesir. Kebanyakan alfabet yang ada di dunia saat ini adalah turunan dari pengembangan tersebut. Contohnya adalah alfabet Yunani dan Latin, atau alfabet lain dengan bentuk yang terlihat mirip.


Saat ini tipografi telah menjadi suatu gaya dalam penciptaan suatu desain grafis. Pada tipografi penggunaan huruf sebagai sumber bunyi dapat diabaikan. Artinya, penggunaan tipografi memungkinkan suatu huruf ditampilkan tanpa harus memaknakan suatu kata atau kalimat yang mengandung bunyi. Seniman desain grafis seringkali memanfaatkan huruf sebagai sarana pelengkap suatu desain untuk menciptakan suatu kesan tertentu.

Beberapa waktu yang lalu saat sedang blogwalking, tidak sengaja aku menemukan suatu blog yang membahas tipografi beserta portofolio karya-karya tipografi. Melalui portofolio itu dapat terlihat seberapa penting tipografi dalam desain grafis. Kumpulan karya-karya itu menunjukkan bahwa melalui pemilihan font dan porposi yang baik, maka suatu desain akan menjadi tampak menakjubkan. Tentunya untuk menciptakan suatu desain tipografi yang indah diperlukan tidak sedikit eksperimen seperti halnya gaya-gaya desain grafis lainnya.



Further information and source:
Typography - Wikipedia
Tutorial Tipografi - Master WEB
Tipografias Blogspot
Khasanah Pengetahuan : Tipografi
History of Alphabet - Wikipedia

2 comments:

  1. nice info,
    tips dan triks TUTOR BELAJAR FREEHAND, PHOTOSHOP
    coba kunjungi http://afifpangestu.co.cc

    ReplyDelete
  2. nice ... terima kasih infonya :)

    ReplyDelete