Saturday, September 13, 2008

My Blog My Baby


"The whole difference between construction and creation is this: that a thing constructed can only be loved after it is constructed; but a thing created is loved before it exists."
-- Charles Dickens, author

Nggak terasa udah lama banget sejak aku nulis postingan yang terakhir. Ada guilty feeling, halaman blog ini rasanya seperti ditelantarkan dan terbengkalai. Padahal sebagai blog yang masih baru, seharusnya aku harus semakin rajin posting agar orang-orang berminat untuk membacanya. Kalau seperti ini terus, blog hanya akan menjadi sejarah nantinya.

Sebenarnya yang membuat aku malas posting adalah bekunya ide di kepala aku. Kadang-kadang aku terlalu sibuk dengan urusan lain ketika online. Hal semacam itulah yang membuat pikiran aku tidak fokus untuk menciptakan atau menemukan suatu ide segar untuk ditampilkan dalam blog. Padahal pada kenyataannya di sekitarku ada banyak hal yang dapat dijadikan inspirasi atau ide untuk menulis. Sehingga lebih tepatnya, kemalasan dan keinginan untuk menulis yang menjadi pangkal permasalahannya.

Membuat blog itu mudah, hampir setiap netter saat ini mampu melakukannya. Namun untuk menjadikan blog itu hidup dan besar, menurutku itulah yang sulit. Jonathan Schattke, seorang ilmuwan komputer dari AS pernah menyatakan "Necessity is the mother of invention, it is true, but its father is creativity, and knowledge is the midwife". Tampak jelas dari situlah kita perlu memaksa diri untuk berpikir kreatif dalam menggali pengetahuan yang membantu melahirkan suatu penemuan. Menulis adalah masalah kemauan dan kemampuan untuk memaksa diri mewujudkan suatu tulisan.


Sesuatu yang kecil merupakan embrio dari sesuatu yang lebih besar bahkan sangat besar. Mulai menuliskan apa yang kuketahui untuk akhirnya menemukan hal-hal baru yang mulanya belum kuketahui. Untuk menemukan hal yang baru itu, salah satunya aku harus lebih giat membaca. Internet saat ini menyediakan begitu banyak konten berita, artikel maupun tips yang didalamnya pasti ada banyak hal yang bisa aku panen. Selain itu brainstorming atau bertukar pikiran dengan siapapun juga menjadi ladang ide yang begitu subur. Saat ini aku menjadi kehabisan alasan untuk tidak menulis.

Blog adalah bayi yang telah aku lahirkan, dan aku harus mampu melatih diriku untuk dapat merawatnya dengan baik agar nantinya dapat tumbuh sesuai harapan.

1 comment:

  1. I find your articles quite interesting. And I think your love for writing will become the motor to fill in this blog. Yes I aggree, there are so many things in life around you that you can write about. And a blog can sometimes like a diary where you pour in all you think and feel about things you encountered in your life. It is a good start and after sometime you will find your own style. Keep writing!!

    ReplyDelete