Friday, September 19, 2008

Blogwalking


Acara yang satu ini memang sesuatu yang mengasyikan dan cukup bermanfaat, paling tidak sebagai hiburan dan penambah referensi pengetahuan dalam menulis blog. Kadang-kadang sewaktu blogwalking, aku dapat ketawa-ketawa sendiri, nangis-nangis sendiri, bahkan terheran-heran sendiri. Memang dasarnya blogwakling selalu identik dengan kata sendiri, karena semakin tersesat semakin baik. Dunia blog saat ini begitu luas, dan dengan membaca blog orang lain maka aku dapat mencoba memahami karakter penulisnya.

Tulisan memang selalu dapat manjadi alat identifikasi yang baik. Melalui tulisan dalam blog, aku terkadang seperti mengenal pribadi penulisnya yang terasa begitu dekat. Perasaan itulah yang membuatku selalu ketagihan untuk terus online dan blogwalking, apalagi sewaktu kesepian berat. Postingan dalam blog orang lain dapat menjadi teman yang setia kapanpun, bahkan disaat semua orang sedang sibuk tertidur lelap.


Untuk saat ini ada beberapa blog yang selalu aku ikuti perkembangannya. Gaya penulisannya yang ringan dan begitu personal adalah nilai tambahnya. Blog itu antara lain:

  • Raditya Dika
    Blog kocak milik penulis beberapa buku pelit (personal literature) ini memang begitu menarik untuk diikuti. Gaya penceritaannya yang penuh humor, personal dan kadang sentimentil ini memang dimaksudkan untuk mendekatkan sang penulis, Raditya Dika ke para penggemarnya (termasuk saya). Postingan terakhirnya kebetulan begitu mirip dengan yang aku alami beberapa waktu ini. Insomnia... oh insomnia, selalu menjadi buah simalakama bagiku.

  • Astrid Savitri's Life and Beyond
    Penulisnya adalah seorang ibu muda yang menjadi pengajar Bahasa Indonesia untuk orang asing ini memang begitu menggambarkan wanita dan perannya sebagai ibu. Begitu banyak topik yang dibahas dalam blog ini, mulai dari hal-hal yang bersifat personal hingga umum. Kenapa blog ini bisa begitu klik denganku? Salah satunya adalah tentang bahasa. Aku adalah orang yang begitu tertarik pada bahasa, penulisnya adalah orang yang berkecimpung dalam bahasa, sehingga tulisannya banyak yang enak dibaca. Uniknya blog ini aku temukan ketika aku sedang mencari ulasan mengenai G string untuk pria, hehehehe.

  • Eko Eshape's Kehangatan Cinta
    Orang tua memang selalu menjadi panutan bagi yang muda ;). Begitu pula aku, yang selalu setia mengikuti postingan-postingan dari pak'de-ku sendiri yang ditulis dalam blognya miliknya. Kebanyakan yang beliau tulis adalah tentang keluarganya dan pekerjaannya. Seringkali disela-sela tulisannya, beliau mensertakan ayat-ayat Al-Quran yang selalu dapat menjadi penyejuk bagi hati yang sedang gundah. Tujuan beliau memang untuk memberikan petuah bagi anak-anaknya (termasuk aku) tetapi tanpa menggurui. Bravo deh pak'de.

Selain blog-blog yang udah aku sebutin, tentunya masih banyak blog yang sedang atau akan aku ikut. Terutama blog-blog tutorial, yang selalu memberi pencerahan sewaktu geblek. Tak lupa tentunya Google, Wikipedia dan How Stuff Works juga merupakan sahabat setiaku yang serba tahu. Juga Corbis yang sering menjadi sumber gambar. Thanks all...

3 comments:

  1. Blogmu juga bagus le,
    aku nek kon nggawe blog koyok nggonmu gak sanggup deh [donk!:-)]

    Salam

    ReplyDelete
  2. blog saya kamu review???
    ckckck...hebat sekali ya saya! :)

    Saya speechless, Ramon!
    Cuma bisa bilang makassiiiiiih banyak! Moga-moga postingan2 saya berikutnya gak bikin bosen ya!

    ReplyDelete
  3. Istilah blogwalking sangat menarik, seolah2 kita berjalan dari satu blog ke blog yang lain 0-). Apapun bentuknya blog itu memancarkan kepribadian penulisnya, ya? Mungkin dengan blogwalking kita memuaskan hasrat voyeurism dalam diri manusia, 0-). Atau itu memenuhi kebutuhan manusia untuk kontak dengan sesamanya?

    ReplyDelete