Tuesday, September 23, 2008

Arabic Music



Di bulan Ramadhan ini memang tepat rasanya untuk mendengarkan musik-musik yang bernuansa islami. Tidak bisa dipungkiri, musik islami tidak lepas dari pengaruh musik Arab. Musik Arab sendiri terdiri dari beberapa gendre, dari Arab klasik hingga musik pop Arab dan dari musik sekuler hingga musik religi. Maka tidak tepat rasanya jika musik Arab dikonotasikan dengan musik islami, karena musik Arab sendiri memiliki genre untuk jenis musik islami yaitu musik religi, seperti halnya musik Indonesia.

Musik Arab mendapatkan pengaruh dari interaksi dengan berbagai genre dan style musik lokal lainnya. Musik ini merupakan campuran dari berbagai selera musik di semenanjung Arab yang dikenal sebagai dunia Arab saat ini. Pengaruh musik ini berasal dari berbagai daerah yang mengepung semenanjung Arab, seperti Mesir, Yunani, Turki, Afrika, dll. Perkembangan musik Arab sendiri bermula dari puisi Arab pada masa Jahiliah (sebelum Islam). Puisi ini dikenal sebagai شعراء الجاهلية (Syukrah Al-Jahili) atau puisi di masa pengingkaran.


Di masa kini, musik Arab sebagian telah mengalamani westernisasi dan memiliki penggemarnya sendiri. Musik ini mampu melebur bersama jenis musik yang lainnya. Sehingga bukan hal yang aneh ketika ditemukan Arabic Pop, Franco Arabic, Arabic Jazz, Arabic Hip-hop, dan jenis musik Arab masa kini lainnya, Umm Kulthum adalah salah satu musisi yang sukses memperkenalkan musik Arab dalam dunia internasional. Karya-karyanya masih digemari hingga saat ini dan jejaknya telah diikuti oleh musisi Arab lainnya, seperti Nawal Al-Zoghby, Amal Hijazi, Nancy Ajram, Faudel, dll.

Era globalisasi menuntut mengglobalnya segala sesuatu, begitu pula mengenai selera musik. Bukan lagi jamannya selera musik harus berpusat pada dunia barat. Musik dunia begitu luas untuk diselami, dan banyak diantaranya merupakan musik yang asyik untuk di dengar. Begitu pula Indonesia, sekaranglah saatnya untuk memperkenalkan musik Indonesia kepada dunia.

More info:
Wikipedia

Sample of Arabic Music:
Melody4Arab

2 comments:

  1. ya.. apa ajalah musiknya asal bisa dinikmati dan menenangkan pikiran...

    ReplyDelete
  2. jangan lupa, banyak musisi indonesia yang mendunia

    ada ireng maulana, jack lesmana, indra lesmana, elva s, dll

    sebentar lagi mau muncul ramona mulia
    [muzik retro 'kali]

    salam

    ReplyDelete